Senin, 24 Juni 2013

Metode Operasi Ritel minggu ke 2

Ritel dapat dikelompokan sebagai berikut: a. Supermarket tradisional supermarket tradisional melayani penjual makanan, daging, serta produk-produk makanan lainnya, serta melakukan pembatasan penjualan terhadap produk-produk nonmakanan b. Big-box retailer Pada format big-box retailer, terdapat beberapa jenis supermarket, yaitu supercenter, hypermarket, dan warehouse club. v Supercenter adalah supermarket yang mempunyai luas lantai 3.000 hingga sebanyak 30-40% dan produk-produk nonmakanan sebanyak 60-70% v Hypermarket merupakan supermarket yang memiliki luas antara lebih dari 18.000 meter persegi dengan kombinasi produk makanan 60-70% dan produk-produk umum 30-40%. Memiliki persediaan lebih dari 25.000 item yang meliputi produk makanan, perkakas (hardware), peralatan olahraga, furnitur, perlengkapan rumah tangga, komputer, elektronik, dan sebagainya. v Warehouse ukurannya antara lebih dari 13.000 meter persegi dan lokasinya biasanya diluar kota, produk yang dijual meliputi makanan dan produk umum biasa lainnya C. Convenience Store Luas lantai ritel jenis ini berukuran kurang dari 350 meter persegi, convenience store ditunjukan kepada konsumen yang membutuhkan pembelian dengan cepat tanpa harus mengeluarkan upaya yang besar dalam mencari produk-produk yang diinginkannya d. General Merchandise retail Jenis ritel ini meliputi toko diskon, toko khusus, toko kategori, department store, off-price retailing, dan value retailing. Pengelompokan Berdasarkan Sarana yang Digunakan *Penjualan Melalui Toko Pada ritel yang menggunakan toko untuk pemasaran produk, jelas bahwa terdapat aktivitas pendistribusian produk dari pedagang grosir (wholesaler). Penjualan Tidak Melalui Toko • Ritel Elektronik Ritel elektronik menggunakan komunikasi dengan pelanggan mengenai produk, layanan, dan penjualan melalui internet. Katalog dan pemasaran surat langsung Pemasaran melalui katalog terjadi ketika perusahaan mengirimkan satu atau bahkan lebih katalok produk kepada penerima yang terpilih, biasanya katalog dibuat dalam bentuk cetakan, tetapi terkadang juga dalam bentuk CD,Video atau secara online. Sedangkan pemasaran surat langsung (direct mail) terdiri atas pengiriman tawaran, pemberitahuan, pengingat , atau barang-barang lain kepada sesorang di alamat tertentu Penjualan Langsung Penjualan langsung (direct selling) adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat di ukur pada suatu lokasi penjualan tertentu. Pengelompokan Berdasarkan Kepemilikan Pendirian toko tunggal atau mandiri Ritel tunggal atau mandiri adalah ritel yang dimiliki oleh seseorang atau kemitraan dan tidak dioperasikan sebagai bagian dari lembaga ritel yang lebih besar. Jaringan perusahaan Ritel yang dimiliki dan dioperasikan sebagai satu kelompok oleh sebuah organisasi. Waralaba Waralaba (franchising) adalah ritel yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu tetapi memperoleh lisensi dari organisasi pendukung yang lebih besar. sumber : http://anggaharpeges.blogspot.com/2012/03/bisni-ritel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar