Minggu, 09 Januari 2011

awal terbentuknya tatasurya


Banyak para ahli astronom dari jaman dahulu mencoba untuk menemukan jawaban tentang awal mula terbentuknya tata surya. Banyak perkiraan dan teori-teori bermunculan yang mencoba menjawab bagaimana awal mula terbentuknya tata surya. Berdasarkan pada pengamatan yang dilakukan oleh para ahli astronomi sampai sekarang, yaitu dengan menggunakan teleskop dan misi antariksa, ada satu teori tentang awal mula terbentuknya tata surya yang masih dipakai sampai saat ini. Teori ini bernama Teori Nebula atau juga dikenal dengan Teori Kabut yang dicetuskan oleh Kant dan Laplace.

Menurut teori ini tata surya kita terbentuk sekitar 5 miliar tahun yang lalu. Di mana tata surya terbentuk dari awan, gas dan debu. Awan, gas dan debu ini memisahkan diri dari awan besar yang ada di Bimasakti.

Awan gas ini berputar dan menimbulkan suatu tarikan gravitasi di pusat awan yang menarik benda-benda ke dalamnya, sehingga awan gas ini menjadi padat. Selain memadat, suhu di pusat awan ini juga sangat panas. Pusat awan yang memadat dan panas ini merupakan cikal bakal Matahari atau disebut juga dengan proto-Matahari.

Dengan putarannya yang cepat, maka gas dan awan di sekeliling menjadi pipih membentuk suatu piringan yang sangat besar. Karena pysat piringan yang terus memanas sedangkan bagian pinggir luar mendingin, maka gas dan debu di bagian luar memadat dan menggumpal membentuk benda-benda kecil yang mirip planet. Benda-benda kecil ini dinamakan planetasimal.

Tabrakan antar planetasimal menyebabkan planetasimal ini hancur, tersebar dan ada yang berpadu. Planetasimal yang berpadu dan menjadi besar menyerap planetasimal yang kecil. Dari planetasimal yang semakin membesar ini kemudian menjadi protoplanet, yakni ada 9 planet.

Proto-Matahari mengumpulkan intinya sehingga inti proto-Matahari menjadi padat dan panas. Kemudian proto-Matahari ini menyulut pusatnya dan membara.

Bagaimana awal mula terbentuk bulan? Bulan terbentuk dari planetasimal kecil yang memasuki orbit di sekeliling planet. Sementara sisa-sisa gas yang juga memasuki orbit di sekeliling planet akan membentuk cincin lingkar. Sedangkan serpih dan remukan yang mash ada tersapu tiupan kencang angin surya yang masih terjadi sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar